KKN Series : Sambal Ala Intan

Ini adalah cerbung dalam rangka Birthday Challange Yuki jadi silahkan dinikmati cerbungnya. Oh ya ada hadiah 2 buah buku karya Yuki buat komen terbaik ya. Pengumuman pemenang diposting setelah cerbung ini tamat.

KKN Series
(Another Story From Village)

Sambal Ala Intan

Ilustrasi Sambal. Sumber :
Gambar : http://hamers14.blogspot.co.id/2016/03/tugas-akhirmata-kuliah-lingkungan.html

Kalau bisa dibilang...kita anak kos paling bahagia. Gimana nggak? Sudah ada fasilitas berupa catering jadi tinggal bayar dan makanan datang sesuai budget yang diberikan di awal. So, urusan makanan gak susah-susah amat kecuali hari Sabtu Minggu memang karena ibunya yang bikin masakan libur. Belum lagi kalau ada warga yang ngasih hasil ladangnya berupa jagung rebus atau pas ibu kos lagi berbaik hati mau masakin nasi goreng pedas pol. Makin mantap nggak tuuh.
Tapi....tapi...ada satu sayur yang bikin kita jadi berasa makan pecel tiap hari (ini bukan mau menyalahkan pecelnya ya. Pecel gak salah kok). Sayur itu bernama Kangkung, pemirsa. Udah aku gak suka sayur, menu ini pula. Nggak dimakan kelaparan. Dimakan bosan juga. Udahlah sayur ini pokoknya serem. Titik. Sebetulnya kami sudah berusaha memberitahu kepada ibu yang bikin catering supaya menu berbahan kangkung ini menghilang dari meja makan kami. Bahkan saat si ibu ini belanja kami sampai teriak didepan kosan cewek (karena penjual sayur gak jauh dari kos an cewek) : Bu, jangan pakai kangkung lagi ya. Ibunya pun juga sudah menjawab "Iya mbak" tapi ya tetap saja menu ini ada. Sebagai cewek aku pun geregetan dan tangan mulai gatel buat masak didapur milik ibu kos. Sayangnya, takut sama kompor milik ibu kos. 
Kenapa aku takut sama kompornya ibu kos? Karena kompor ini cara menyalakannya gak sekedar tekan dan geser ke kiri lalu muncul apinya. Tapi kita juga harus nyalakan api pakai korek dulu lalu bakar sedikit di ujung lidi dan dekatkan ke arah kompor baru nyala deh. Ribet? Memang iya apalagi kompor ini sepertinya sudah error setelah salah satu selangnya dimakan tikus dan menyebabkan cara menyalakannya harus seperti itu. Perlu diingat juga harus cepat saat menyalakan kompornya. Disinilah yang bikin aku kapok karena gara-gara nggak cepat pas menyalakan api di ujung lidi dan gasnya terlanjur keluar banyak. Keluar api dari kompor ini yang nyaris menjilat wajahku dan rambut Rara. 
Kangkung menjadi bahasan paling genting disaat rapat KKN. Terlebih ini soal makanan, tahu kan gimana rasanya menjalankan program KKN kalo makannya menu ini melulu. Bukan hambar lagi tapi jadi letoy juga kebanyakan makan sayur. Perlu sumber protein dari daging dan sebagainya, tapi bagaimana lagi mengingat budget per orang saat itu hanya 15 ribu dan sudah ditambah jadi 20 ribu per orang dengan harapan sekali lagi. LENYAPKAN KANGKUNG DARI MEJA MAKAN!! Tetap saja nggak bisa. Pak kordes gak bisa berbuat apa2 selain menerima protes dari teman2.
“Udah gini aja...gimana kalo Intan bikin sambel ya selama catering jalan. Berarti hari senin sampai jumat. Sambelnya Intan kan enak tuh.”Kata Bowo.
“Ya nggak apa sih. Tapi dihabisin ya,Wo. Oh ya cateringnya gimana nih pak kordes?”Tanya Intan.
“Gini aja. Jangan kita putus cateringnya di tengah jalan. Kita bilang aja nggak catering lagi dan mau masak sendiri setelah program kita ini selesai. Kalau saat ini kita masih banyak yang melaksanakan program dan masak sendiri malah bikin capek.”Jawab Kordes.
“Setuja....eh Setuju.”Kata Ardi.
Nah perlu kalian tahu Intan ini memang suka banget masak. Apalagi soal sambel aduh ini anak udah expert dah. Jangan tanya soal rasanya. Sambelnya memang enak pake banget. Mau makan siang pake lauk apa aja kasih sambalnya Intan juga enak. Nggak heran ibu kos juga suka masak bareng sama dia, kan ibu kos juga pecinta pedas. Aku juga ketagihan terus buat makan apalagi Bowo sampe keringetan melulu kalo udah makan sambelnya Intan. Akhirnya sayur yang semula menakutkan jadi selalu ludes abis dimakan kita semua. Rasanya tertutupi oleh Pedas, gurih, mantapnya sambal ala Intan. Hm...harusnya jadi peluang bisnis buat Intan tuh biar setelah KKN ini dia buat aja sambel didalam botol trus di kasih label.

19 comments:

  1. wah padahal kangkung masakan kesukaan saya apalagi kalau ditumis pasti enak , lagian anak kos emang lebih irit masak sendiri ketimbang kathering hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tapi nggak setiap hari makan kangkung bahkan di setiap makan kan? Hehe

      Delete
  2. wah mantap tuh kayanya sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  3. Salah satu makanan kesukaan nih, sambal :D

    ReplyDelete
  4. waahhh padahal sayur kangkung bagus untuk menjaga tubuh agar tetap ideal, sekaligus diet.

    ReplyDelete
  5. nampak nya enak tu sambal, nice artikel thx

    ReplyDelete
  6. kayanya sambel itu + nasi liwet dan ikan asin nambah mantep haha..

    ReplyDelete
  7. wahhh...enak niii sambal iyee ...buat mahsiswa yang lagi kos..kg perlu cape2 buat

    ReplyDelete
  8. Wah enak nih sambel, hehehehe..jadi kepengen...makasih gan informasinya..nice

    ReplyDelete
  9. Ya kadang begitulah kehidupan terkadang kalo nge kos. Btw , udah kuliah ?

    Kalo boleh gue sarankan,gambar nya ditambah lagi,jangan hanya satu gitu aja kurang menarik jadi nya tapi tetep kece kok. Karena blog ini merupakan personal blog ya ? artinya sama dengan blog gue maka gue ucapkan selamat menulis .

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar yang baik ya bahasa gaul boleh bahasa santai utamakan sopan. Komentar yang tidak diperbolehkan :
1. Berbau penghinaan SARA
2. Menghina komentar dari orang lain
3. BOT apalagi yang cuma kasih Link hidup
4. Menghina admin blog ini
5. Komentar tidak nyambung dengan isi postingan
6. Komentar yang mengundang orang lain menjadi emosi
Mari kita berkomentar dengan baik, isilah komentar dengan bahasa baik yang akan membawa energi positif sehingga orang datang kemari bisa lebih segar dan merefreshkan pikiran :)

Its about Yuki and her life

Powered by Blogger.

New from Yuki

Hai semuanyaa...

Yuki membuka ruang khusus untuk siapa saja yang mau berinteraksi langsung melalui E-mail. Kalian boleh ngapain aja (asal jangan ngelamar Yuki lewat email yah, langsung ke rumah aja hahaha) Curhat, cerita panjang lebar, atau yang mau konsul tarot juga boleh silahkan.

Untuk yang Curhat atawa cerita panjang lebar bisa kapan aja Yuki balas

Buat yang mau konsul tarot sesuai janjian ya tidak bisa dadakan. No Free ya guys

Silahkan Yuki tunggu di : yuki.wolverine@gmail.com


Argyle Creme Template © by beKreaTief | Copyright © Catatan Yuki