My Sister Story : Praktikum ke Karanganyar



Hai semuanya...

Kali ini adek Yuki yang mau cerita. Eeh belum tahu adekku yang mana? Silahkan lihat di postingan INI. Upss...foto lama yak. Dia sekarang sudah kuliah dan sudah tambah cantik tentunya. 

Nah ceritanya Adekku bersama temen-temen sekelasnya dan kelas lainnya dan dosennya dan kakak angkatan pembimbingnya (hitung ada berapa kata “dan” di kalimat ini) mengadakan perjalanan ke daerah Karanganyar, Jawa Tengah. Tujuannya bukan study tour bukan pula KKL ini memang praktikum mengunjungi salah satu pabrik teh disana. Iyes...adekku jurusan Agribisnis dari Universitas Diponegoro dan kalian tahu lah anak-anak Agribisnis memang diharuskan tahu bagaimana analisa sebuah perusahaan yang produknya berasal dari tanaman pertanian maupun perkebunan, binatang ternak, bahkan ikan atau hasil tangkapan laut lainnya (luas ya agribisnis itu).

Berangkat dari FPP (Fakultas Peternakan dan Pertanian) UNDIP Semarang naik bis khusus dari Universitas. Sempat ada kejadian lucu saat melewati tol Banyumanik kecepatan bis antara 40-60 km/jam (Berasa naik odong-odong kata adekku) dan melewati dijalurnya bis beneran nggak berani ngebut (pokoknya taat aturan banget sama papan2 yang ada di jalan tol itu). Tapi lama2 mulai ngebut juga (iyalah kalo nggak ya bisa sampe ke Karanganyar tahun depan) dan sampai lah ke Karanganyar di pabrik Teh Gardoe alias PT Gunung Subur Sehat. Kalau kalian belum familiar dengan Teh Gardoe kalian pastinya tahu Teh Hijau Cap Kepala Jenggot (itu sdh masuk ke minimarket maupun supermarket) nah itu juga salah satu produknya.

Oleh-oleh dari pabrik Teh Gardoe
Pertama kali sampai sudah disambut oleh pihak managernya. Ada penjelasan dikit mengenai pabrik ini. Termasuk dijelaskan macam-macam produk, sejarahnya, K3 keselamatan kerja seperti apa. Usai penjelasan singkat itu, adekku dan temen-temennya diajak keliling sama mbak satpamnya yang cantik (tapi jangan main-main sama dia, cantik gitu SATPAM lhoo...). Dijelaskan mengenai proses agar daun tehnya bisa siap diseduh. Nah di bagian packaging kemasan kertas di pabrik itu pegawainya Ibu-ibu tua. Lho kenapa kok ibu-ibu semua? Tujuannya untuk membantu ibu-ibu yang kekurangan dalam segi ekonomi tetapi masih mampu bekerja dan dalam kondisi sehat. Puas berkeliling diajak makan di tempat khusus dan menu makanannya sop makaroni, nasi, tahu. Pas mau pulang diberi bingkisan 2 produk dari Teh Gardoe serta leaflet produk-produk lainnya dari perusahaan ini.

Lanjut perjalanan ke Candi Sukuh. Perjalanan lumayan lama belum lagi jalanan yang menanjak sampai bis nya nggak kuat. Akhirnya terpaksa AC dalam bis dimatikan barulah bis kuat menapaki jalan tanjakan. Rasanya lega ketika sdh sampai kompleks kawasan candi. Setiap orang diberi kain kotak2 hitam putih untuk dikenakan dibawah pinggang. Candi Sukuh ini kalau kalian tahu bentuknya seperti kuil milik Suku Maya (lihat bagian atasnya). Ada prasasti di kawasan kompleks candi itu berupa relief dan ada patung seperti manusia berkepala dan bersayap elang ada sapi dll dan sayangnya patung itu kepalanya hilang. sayangnya lagi tdk ada guide tour dan saat pulang saja harus menunggu sampai kabutnya tdk begitu tebal. 
 
Candi Sukuh

Hayo tebak...adekku yang mana?

Makan malam di rumah makan daerah Karanganyar juga (Adekku lupa namanya) dan akhirnya Adekku memesan fried chicken (yg lebih murah, maklum masih mahasiswa jd kudu irit yak). selesai makan barulah perjalanan dilanjutkan menuju ke Semarang.

Note : Adekku pulang, Yuki sudah tepar di kasur jadi cerita ini baru diceritakan keesokan harinya.

36 comments:

  1. Wah adek Yuki cantik ya :)
    Jadi pengen ketemu :)

    ReplyDelete
  2. kaka yuki udah kuliah ya :D semangat yah!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udah lulus 2 tahun yg lalu hahaha giliran adekku yg kuliah

      Delete
  3. AKu pengen tahu tentang sejarah candi sukuh....ada yang guide tour yang jelasin gak waktu adek yuki jalan-jalan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah sayangnya gak ada guide nya. Jadi ya cuma jalan2 aja foto2 disana. Mungkin bisa tanya2 dulu sebelum mau kesana biar ada guide nya

      Delete
  4. aku kok gk diajak ke karanganyar? :v

    ReplyDelete
  5. wah enak ya kuliah, saya aja mau kuliah thn ini gak jadi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bnyk beasiswa lho...kecuali bentrok sama kerja itu yg susah. Kuliah sekarang g melulu dengerin dosen tp lihat langsung di lapangan

      Delete
  6. Replies
    1. Mau mau mau? Aku aja dulu sampai Baturraden aja. Paling jauh KKL sampai lombok

      Delete
  7. izin bookmark dulu ya , aku belum sempet baca nih .
    ntar kalo udah baca ntar di edit

    ReplyDelete
  8. cantik banget, jdi pengen nikahin ehhh

    ReplyDelete
  9. jadi penasaran proses membuat teh yang bagus gimana ya?...
    sekalian lengkapi dengan cara bagus proses tehnya dong...
    teh mana teh....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini teh susu eh ini teh ya
      Gak ke foto prosesnya kan pakai mesin juga. Packagingnya yg masih manual

      Delete
  10. artikelnya udah bagus, cuman templatenya kurang hehehe itu aja sih masukan dari saya

    ReplyDelete
  11. Boleh juga tuh satpam cantiknya, request contactnya dong maba... hahaha :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tanya langsung Yee sama yg bersangkutan

      Delete
  12. adikmu yang mana kak ??
    hmmm ah ga peduli dah yang mana adikmu yang penting itu dua duanya cantik :D :D wekssss :v

    ReplyDelete
  13. Adiknya ataupun kakaknya bolehkah kenalan Haha... Itu acara studinya dapat ilmu apa akhirnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ilmu hasil olahan perkebunan. Kan kita tahu nih hasil perkebunan ada banyak seperti kopi, teh, kelapa sawit, buah-buahan dsb. Nah di pabrik teh itu ditunjukkan bagaimana sih mengolah teh sampai akhirnya jadi yang hitam dan kering trus bisa diseduh gitu. ditunjukkan juga packagingnya bagaimana kok bisa rapi padahal membungkusnya secara manual pula. Alat bantunya hanya kotak yang digunakan untuk membantu agar tehnya nggak kocar-kacir apalagi jatuh ke lantai (kan sayang kalau jatuh)

      Delete
  14. Jadi pengin jalan jalan ke candi sukuh ni

    ReplyDelete
  15. karang anyar itu dimana ya mbak? kayak pernah dengar, hehe

    thanks sudah berkunjung ke mediablog4you

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar yang baik ya bahasa gaul boleh bahasa santai utamakan sopan. Komentar yang tidak diperbolehkan :
1. Berbau penghinaan SARA
2. Menghina komentar dari orang lain
3. BOT apalagi yang cuma kasih Link hidup
4. Menghina admin blog ini
5. Komentar tidak nyambung dengan isi postingan
6. Komentar yang mengundang orang lain menjadi emosi
Mari kita berkomentar dengan baik, isilah komentar dengan bahasa baik yang akan membawa energi positif sehingga orang datang kemari bisa lebih segar dan merefreshkan pikiran :)

Its about Yuki and her life

Powered by Blogger.

New from Yuki

Hai semuanyaa...

Yuki membuka ruang khusus untuk siapa saja yang mau berinteraksi langsung melalui E-mail. Kalian boleh ngapain aja (asal jangan ngelamar Yuki lewat email yah, langsung ke rumah aja hahaha) Curhat, cerita panjang lebar, atau yang mau konsul tarot juga boleh silahkan.

Untuk yang Curhat atawa cerita panjang lebar bisa kapan aja Yuki balas

Buat yang mau konsul tarot sesuai janjian ya tidak bisa dadakan. No Free ya guys

Silahkan Yuki tunggu di : yuki.wolverine@gmail.com


Argyle Creme Template © by beKreaTief | Copyright © Catatan Yuki