KKN Series : Ahli Kopi

Ini adalah cerbung dalam rangka Birthday Challange Yuki jadi silahkan dinikmati cerbungnya. Oh ya ada hadiah 2 buah buku karya Yuki buat komen terbaik ya. Pengumuman pemenang diposting setelah cerbung ini tamat.

KKN Series
(Another Story From Village)

Ahli Kopi



Akhirnya acara ini pun tiba. Kami mendatangkan Pak Ari sebagai narasumber untuk memberikan edukasi kepada para warga tentang kopi. Beliau rupanya sudah siap dengan peralatan presentasi bahkan produk beliau yang sudah dikemas dalam plastik juga ikut dibawa bersamaan dengan produk Jahe Hangat buatan istrinya.
Pak Ari pemilik kedai Kopi Ori yang sebelumnya pernah bekerja di salah satu stasiun TV swasta dan tidak mengenal sama sekali yang namanya pembuatan kopi. Beliau tertarik dengan kopi saat diajak ngopi di salah satu kedai milik temannya. Dari sanalah beliau belajar meracik kopi sampai akhirnya memiliki kedai kopinya sendiri.
Jenis-jenis kopi ada banyak di dunia, beliau menerangkan satu persatu apa saja itu. Bahkan ketika dimasak, jenis kopi yang berbeda ini menghasilkan warna yang bebeda pula ketika matang. Itulah yang menjadikan kopi punya cita rasa unik di tiap biji kopinya.
“Nah saya lihat ibu-ibu kelompok tani disini belum berani mengembangkan sendiri produk kopi buatan ibu-ibu. Kenapa? itu pertanyaan saya sekarang untuk ibu2 disini.”Kata Pak Ari
Tiap peserta menjelaskan bahwa rata-rata disini enggan mengemasnya karena sudah kepepet dengan desakan ekonomi. Bahkan saat buahnya belum matang pun sudah ditawarkan kepada orang lain untuk dibeli.
“Ibu-ibu, disinilah kelemahannya. Justru dengan mengemas kopinya, harga jualnya bisa lebih naik dan bisa dengan mudah menjualnya keluar dari desa sebagai oleh-oleh khas desa ini. Tanpa takut harga dipermainkan oleh tengkulak.”Kata Pak Ari.
Pak Ari tidak hanya memberikan materi saja. Beliau juga mempraktekkan bagaimana membuat kopi hitam seduh yang sederhana dan mantap tentunya. Tak lupa juga memberikan Jahe Hangat buatan Istrinya yang ikutan direbus untuk dinikmati bersama ibu-ibu kelompok tani.
Peralatan yang digunakan sederhana, hanya panci dengan gagang, bubuk kopi, gula pasir, dan air. Pertama nyalakan kompor, masukkan kopi bubuk dan gula lalu aduk tanpa dicampuri air, begitu sudah terasa bau kopinya baru air dimasukkan dengan takaran gelas belimbing. Aku sempat mencicipi kopi yang dibuat demo ini, LUAR BIASA RASANYA!!! Jadi ingin ke kedai Pak Ari kalau KKN ini sudah selesai mencoba kopi-kopi racikan beliau.
Jahe Hangat buatan istrinya juga bukan sekedar wedang jahe saja. Ada berbagai rempah rempah pilihan lainnya yang dimasukkan kedalam minuman ini. Inilah yang menjadikannya lain daripada yang lain, selalu terasa hangat di perut dan cocok buat yang lagi masuk angin.
Di akhir acara seperti kebanyakan narasumber umumnya, kami mencoba memberikan amplop putih berisi uang hasil iuran kami selama KKN kepada Pak Ari. Beliau langsung menolaknya dengan halus. Kami memaksa karena juga tak enak rasanya kalau sudah capek kesini dan Pak Ari tidak mendapatkan apapun.
“Maaf mbak dan mas. Saya kesini benar-benar ingin memberikan edukasi kepada warga desa. Karena saya ingin mereka para petani kopi disini maju dengan produk mereka sendiri. Kecuali kalau kalian atau teman kalian yang niat buat cafe atau kedai kopi baru saya terapkan tarif 10 dolar tiap 1 jam untuk konsultasi.”Kata Pak Ari sambil menolak kembali amplop putih kami.
“Simpan saja uang mas dan mbak barangkali lebih berguna untuk acara KKN lainnya.”Lanjut Pak Ari.
Belum pernah kutemui narasumber seperti ini sebelumnya. Semoga semua kebaikan Pak Ari kembali ke beliau dan keluarganya. Amin.

5 comments:

  1. jalan jalan mampir kesiini, yuk mampir juga.

    ReplyDelete
  2. Berbicara mengenai kopi tidak ada habisnya
    Di tingkat pemilik biasanya ide creative mengemas dan mengolah memang kurang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yg kreatif justru tangan kedua yg nggak menanam tapi yg menjual kembali

      Delete
  3. Kopi adalah nafas cinta. Di buat dengan sepenuh jiwa, dan di seduh oleh cakrawala dunia

    kalau mau kopi, ke aceh aja :D

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar yang baik ya bahasa gaul boleh bahasa santai utamakan sopan. Komentar yang tidak diperbolehkan :
1. Berbau penghinaan SARA
2. Menghina komentar dari orang lain
3. BOT apalagi yang cuma kasih Link hidup
4. Menghina admin blog ini
5. Komentar tidak nyambung dengan isi postingan
6. Komentar yang mengundang orang lain menjadi emosi
Mari kita berkomentar dengan baik, isilah komentar dengan bahasa baik yang akan membawa energi positif sehingga orang datang kemari bisa lebih segar dan merefreshkan pikiran :)

Its about Yuki and her life

Powered by Blogger.

New from Yuki

Hai semuanyaa...

Yuki membuka ruang khusus untuk siapa saja yang mau berinteraksi langsung melalui E-mail. Kalian boleh ngapain aja (asal jangan ngelamar Yuki lewat email yah, langsung ke rumah aja hahaha) Curhat, cerita panjang lebar, atau yang mau konsul tarot juga boleh silahkan.

Untuk yang Curhat atawa cerita panjang lebar bisa kapan aja Yuki balas

Buat yang mau konsul tarot sesuai janjian ya tidak bisa dadakan. No Free ya guys

Silahkan Yuki tunggu di : yuki.wolverine@gmail.com


Argyle Creme Template © by beKreaTief | Copyright © Catatan Yuki