Decoupage : Seni Menghias Benda

Nah setelah postingan yang lalu Yuki bahas tentang GIMP yang biasa buat utak Atik foto (bahkan sering Yuki buat utak Atik background poster maupun brosur) sekarang Yuki mau berbagi tentang hobi baru nih. Hobi ngabisin duit lah eh bukan ini hobinya seni kok (Meski tetap aja butuh duit buat beli bahannya...iyalah).

Ini ceritanya ketularan hobi dari salah satu dosen (yang sampai sekarang pun tetap aktif say hello di FB). lihat hasil karya beliau kok bagus banget ya? malah awalnya Yuki kira itu hasil lukisan beliau eh ternyata bukan dah. nah terus apaan dong?

namanya Decoupage alias seni menghias suatu benda dengan tissue motif atau dengan kain. untuk hasil karya dosenku beliau menghiasnya dengan tissue motif biasa disebut Servietten. jujur susah nyebutnya kita sebut decoupage saja yaa...biar lebih mudah.

eh apakah ini tissue yang biasa kita pakai buat makan? tentu bukan dong ini tissue khusus ya dan belum ada di Indonesia jadi harus impor dulu. Tissue motif memiliki beragam motif dan ukuran bahkan ada gambar kartun juga loh....kerajinan ini nggak susah amat kok karena tinggal tempel bisa juga tinggal cari pola baru tempel di benda yang mau dihias. nempelnya? tentu pakai lem ya sebenernya ada lem khususnya merk mod podge tapi di Indonesia juga belum ada jadi sering diganti dengan lem kayu dicampur air. kalau sudah jadi bisa di varnish biar awet bertahun-tahun.

Benda apa saja yang bisa di decoupage? apapun itu entah plastik, kayu, triplek, keramik, tas dompet dari bahan pandan bahkan ada loh yang nekat decoupage sepeda (bisa lihat di YouTube ada kok). dimana belajarnya? udah belajar sendiri aja tinggal tempel (kalo salah nempel paling tinggal nangis eeh).

Asik ya kayaknya...kalau baru pertama kali Yuki sarankan beli starter pak nya bisa sudah jadi satu dg pouch pandan atau tas pandan. starter pack bisa berisi tas atau pouch pandan (tergantung paketan yang dipilih ya bisa juga dapetnya nampan), gunting (eits guntingnya khusus loh), lem dan varnish, kuas, tentunya tissue motifnya (lupa dapat berapa lembar). penampakannya seperti dibawah ini :

dimana pesennya? silahkan kepoin Instagram @deeromah dan pesen lewat WA ya sista. pesen minimal 10 lembar biar dapet harga murah buat tissue nya aja. selain Deeroomah ada lagi sih yang lain (hanya saja blm pernah coba pesen ditempat lain).


Hasil iseng-iseng Yuki di rumah dari tissue motif bisa dilihat di bawah ini :

Hasil iseng-iseng dari paket starter pack yang Yuki beli di Deeromah. Hihihi lumayan ah bisa buat ke kondangan

nah ini ceritanya hasil bongkar gudang ketemu gelas buat minum teh yang udah bikin jatuh cinta dan hasilnya gini dah

softcase bekas oppo A37 punya adek Yuki. Memang sudah nggak terpakai dan iseng decoupage in aja

salah satu hasil GATOT alias Gagal Total dari Yuki karena jujur aja ngerjain ini pas lagi nggak mood


lumayan buat mengisi waktu kosong. oh ya buat gelas keramiknya itu gelas yang Yuki temukan di gudang. cukup dibersihkan biasa kasih cat dan tempel tissue nya sana sini selesai kering tinggal Varnish dah. untuk catnya bisa dibeli di toko alat tulis ada (biasanya bertuliskan cat untuk decoupage dan warnanya lebih banyak warna muda). kalau mau yang mudah bisa beli cat arklirik yang lebih mudah didapat tapi harus pintar buat mencampur warnanya ya biar hasilnya maksimal juga. Nah untuk yang sepatu jujur aja itu salah dalam pewarnaan yang membuat hasilnya nggak oke dan kurang cantik men...!! Duh yasudahlah apa boleh buat.

oke bisa dicoba lho buat yang bingung mau cari ide apa ya. Liburan panjang pula daripada nggak jelas dan banyak tuh barang di rumah yang lama nggak terpakai mending decoupage in aja. Bisa dipakai lagi dan kalau dijual lagi juga bagus lhoo...


next post dari Yuki...ditunggu aja ya karena sekarang lebih sering males buat nulis termasuk cari bahan buat tulisannya bro...!!

8 comments:

  1. Bagus nih bisa buat hiasan pelindung smartphone juga

    ReplyDelete
  2. masih belum ngerti decoupage itu seperti apa? Kayaknya lukisan ya, gak keliatan tempelan hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya memang seperti lukisan jadi dari tissuenya digunting terus tempel di permukaan benda yang di decoupage

      Delete
  3. Unik dan kreatif. lebih bagus apabila dengan video pembuatannya. hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. saran diterima daah kapan-kapan bisa bikin video pas decoupage

      Delete
  4. baru tau ada yg namanya decoupage. itu tisu mirip kaya wallpaper tembok berarti ya? btw desainnya bisa kustom sendiri ga ya? kalo iya keren banget tuh

    ReplyDelete
    Replies
    1. dikarenakan impor bahan tissuenya jadi belum bisa custom desain. iya kayak wallpaper tembok tinggal tempel aja

      Delete

Silahkan berkomentar yang baik ya bahasa gaul boleh bahasa santai utamakan sopan. Komentar yang tidak diperbolehkan :
1. Berbau penghinaan SARA
2. Menghina komentar dari orang lain
3. BOT apalagi yang cuma kasih Link hidup
4. Menghina admin blog ini
5. Komentar tidak nyambung dengan isi postingan
6. Komentar yang mengundang orang lain menjadi emosi
Mari kita berkomentar dengan baik, isilah komentar dengan bahasa baik yang akan membawa energi positif sehingga orang datang kemari bisa lebih segar dan merefreshkan pikiran :)

Its about Yuki and her life

Powered by Blogger.

New from Yuki

Hai semuanyaa...

Yuki membuka ruang khusus untuk siapa saja yang mau berinteraksi langsung melalui E-mail. Kalian boleh ngapain aja (asal jangan ngelamar Yuki lewat email yah, langsung ke rumah aja hahaha) Curhat, cerita panjang lebar, atau yang mau konsul tarot juga boleh silahkan.

Untuk yang Curhat atawa cerita panjang lebar bisa kapan aja Yuki balas

Buat yang mau konsul tarot sesuai janjian ya tidak bisa dadakan. No Free ya guys

Silahkan Yuki tunggu di : yuki.wolverine@gmail.com


Argyle Creme Template © by beKreaTief | Copyright © Catatan Yuki