Grass Grows By Inch : Ketika Rumput yang Terinjak Terus Bertahan Hidup Di Tengah Kerasnya Injakan Kaki Para Manusia

Judulnya aneh? Yakin? Hehe....
Karena kali ini Yuki mau membahas salah satu novel yang merupakan karya dosenku. Judulnya sama dengan judul postingan kali ini : Grass Grows By Inch. Udah pada mulai penasaran? Langsung aja ya...


Tokoh utama dalam novel ini adalah Arif yang melakukan perjalanan ke kota dengan satu tujuan yaitu mencari pendidikan tertinggi di bangku kuliah. Keputusannya terbilang nekad karena yang mendukungnya hanyalah nenek yang ia panggil Simbah. Sementara ibunya dan pamannya khawatir dengan tindakan nekad Arif. Khawatir jika Arif tidak sanggup menghadapinya dan berhenti ditengah jalan.

Perjalanan menjadi seorang mahasiswa jangan dibayangkan mudah, mulus, lancar. Banyak batu yang menghalangi jalannya. Mulai sejak pelaksanaan upacara penerimaan mahasiswa baru yang banyak menumbangkan mahasiswa di stadion olahraga, menghadapi rasa rindu yang luar biasa pada ibu dan simbah Arif di desa,masalah keuangan yang pelik membuatnya rela tinggal di gudang masjid, bahkan menjadi agen arem-arem, tukang fotocopy, hingga agen majalah. Semuanya dilakukan Arif tanpa rasa mengeluh.

Kampus tempatnya kuliah mengajarkan banyak hal termasuk bagaimana bersimpati pada teman-temannya,menghadapi orang-orang yang membencinya,hingga kisah uniknya yang harus berhadapan dengan seorang dukun demi menyelesaikan masalah kasus pencurian barang. Arif belajar menjadi lebih dewasa, menghadapi orang itu lebih kompleks tidak seperti menghadapi hewan yang masih bisa dipelajari disaat kuliah, di kandang, maupun lewat diskusinya melalui dosen-dosennya.Manusia itu liar, bisa berubah setiap saat bahkan menjadi mutan. Bukan mutan makhluk aneh,tapi mutan atas sikapnya yang jauh bahkan bisa dikatakan turun derajatnya sebagai makhluk terdidik.

Sebuah kerja keras yang bukan hanya dilalui dengan tetesan keringat tapi juga rasa malu. Bagaimana tidak? Saat Arif harus berjuang mendekati perempuan yang dia sukai. Entah berapa kali dia harus mempunyai alasan untuk berkunjung ke kos an perempuan itu. Kerja kerasnya juga membuahkan hasil dengan berangkatnya dia ke London karena mendapatkan beasiswa dan berkesempatan kuliah disana. Tentunya yang paling utama dia bisa menyelesaikan kuliahnya tepat waktu.
Senengnya bisa beli buku ini, support buat penulis2 yang mau menerbitkan karyanya secara indie


Buku ini menawarkan kelebihan berupa bahasa yang digunakan ringan meski ada beberapa istilah seputar dunia peternakan masuk disini. Keramahan penulis membuat istilah-istilah peternakan yang disajikan jadi mudah dipahami. Keunikan novel ini dalam penamaan tokohnya sederhana serta menggunakan singkatan bagi nama dosen seperti Pak TSG, Bu RIP, dan penggunaan kata ganti orang pertama membuat kisah Arif ini menjadi lebih hidup ketika dibaca.

Kekurangannya terdapat pada kertas yang digunakan gelap dan cukup mengganggu disaat menikmati buku ini. Alur cerita dari tiap judul juga terkesan meloncat serta lebih banyak diwarnai khayalan dari tokoh utamanya.

Grass Grows By Inch merupakan buku yang sangat cocok bagi mahasiswa baru maupun yang masih bersekolah di kelas XII serta masih bingung jurusan peternakan itu seperti apa. Mengapa?Karena banyak hal seputar peternakan dibahas disini,
kehidupan seorang mahasiswa, serta perjuangan yang harus dilalui disuguhkan dalam novel fiksi ringan. Saran buat penulisnya untuk lebih gencar lagi dalam mengenalkan bukunya ke pembaca karena masih banyak yang belum mengenal novel ini.

Judul buku : Grass Grows By Inch

Pengarang : Bambang Trisetyo Eddy

Penerbit    : Indie Publishing

Tahun terbit beserta cetakannya : Cetakan Pertama, Januari 2016

Harga buku : Rp. 50.000

Semoga ulasan Yuki tentang buku ini bisa membantu pembaca.
Buku ini belum diedarkan di toko buku offline dan jika berminat membelinya bisa langsung ke Fanspage FB Grass Grow By Inch, disana sudah ada tata cara pembeliannya.

2 comments:

  1. Judulnya dramatis banget hahaha, tapi kayaknya seru nih buku, di gramedia ada ga?

    ReplyDelete
  2. Belum ada....ini karya dosen saya. Kalau mau beli buat fast respon WA aja ke no ini 0812-2832-989 kalau pas beliau nggak sibuk ngajar bakalan di balas

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar yang baik ya bahasa gaul boleh bahasa santai utamakan sopan. Komentar yang tidak diperbolehkan :
1. Berbau penghinaan SARA
2. Menghina komentar dari orang lain
3. BOT apalagi yang cuma kasih Link hidup
4. Menghina admin blog ini
5. Komentar tidak nyambung dengan isi postingan
6. Komentar yang mengundang orang lain menjadi emosi
Mari kita berkomentar dengan baik, isilah komentar dengan bahasa baik yang akan membawa energi positif sehingga orang datang kemari bisa lebih segar dan merefreshkan pikiran :)

Its about Yuki and her life

Powered by Blogger.

New from Yuki

Hai semuanyaa...

Yuki membuka ruang khusus untuk siapa saja yang mau berinteraksi langsung melalui E-mail. Kalian boleh ngapain aja (asal jangan ngelamar Yuki lewat email yah, langsung ke rumah aja hahaha) Curhat, cerita panjang lebar, atau yang mau konsul tarot juga boleh silahkan.

Untuk yang Curhat atawa cerita panjang lebar bisa kapan aja Yuki balas

Buat yang mau konsul tarot sesuai janjian ya tidak bisa dadakan. No Free ya guys

Silahkan Yuki tunggu di : yuki.wolverine@gmail.com


Argyle Creme Template © by beKreaTief | Copyright © Catatan Yuki