Touring Pertama Gue : Dieng




Nikmati masa muda mu sebelum masa tua mu. Gitu dah kata2 yang paling sering aku dengar. So, gimana caranya menikmatinya? Ada banyak cara seperti jalan-jalan terus tiba2 koprol, selfie ekstrem sampai akhirnya kecebur ke kolam ikan, dan lupa sebagainya. Tapi yang ini terlalu mainstream banget saat temen2 kantor ngajak....

"Ayo kamu mau nggak touring ke dieng?" Tanya salah satu teman kerjaku

Ini nggak kedengeran seperti pertanyaan tapi malah tantangan buatku yang memiliki makna tersembunyi "wani po ra numpak motor bareng2 tekan dieng?" (Berani gak naik motor bareng2 sampe dieng?). Berani dong....siapa takut. Tanpa ba bi bu langsung ikut bayar iuran buat acara touring ini. Woi haloo ini touring you know lah naik motor bukan naik becak (iyalah mana jalanan menanjak masa' iya naik becak), masa' kuat? Ya kuat dong....
Inilah kita KOMBI


Persiapan sebelum berangkat
Meski acara ini sempet mundur karena suatu hal akhirnya tetap terselenggara juga dimana ceweknya cuma aku. Kalaupun ada satu lagi itu pacarnya temenku (tentu aja itu bkn temen se kantorku). Taraaa...inilah penampakan kami dan sudah punya nama resmi yaitu KOMBI (Komunitas Motor BRI Independent)
Berangkat dari salah satu kantor cabang di Ambarawa kami mengendarai sepeda motor masing2. Berbagai macem motor yang ikut touring ini mulai dari motor cowok sekelas Byson atau minimal Mega Pro, matic macem vario, sampe yang kayak si supri kesayanganku (alias Supra X 125). Aku sendiri naik Supri yang udah siap tarung menghadapi jalanan dieng.

Nggak ngira kalo ternyata rute perjalanan ini ngelewati tempat KKN ku dulu...yup desa Kalibanger, Gemawang, Temanggung. Meski sempet tanya orang dulu karena salah jalan tp akhirnya bisa juga sampe ke daerah Tambi. Itu lho yang terkenal dengan teh Tambi. Sepanjang perjalanan isinya kebun teh, jalanan rusak, dan asep. Bayangin aja buat naik seenggaknya main kopling 1 dan 2 belum lagi tuh jalan bisa bikin perut langsing. Sempat berhenti sebentar di Tambi buat istirahat dulu trus lanjut perjalanan.

Disini gak ada pom bensin sama sekali jadi bener2 memperhitungkan buat bensinnya. Ada sih yang jual bensin eceran dan kalo sempet beli dulu sebelum melanjutkan perjalanan. Keluar dari Tambi mulai dah jalanan mulus tapi tetap aja menanjak belum lagi asap dari bis yang hitam legam mempesona tapi bikin sesak. Memasuki kawasan dieng mulai kerasa dah dinginnya padahal jaket udah tebel, kaos kaki, sarung tangan dan slayer penutup mulut. Lho komplit ala rider sejati tapi tetap kedinginan.

Sampai di depan tulisan selamat datang di dieng plateau ada parkiran khusus dan kami berhenti disana. Istirahat sekaligus pembagian snack termasuk menyiapkan kalau ada yang gak bawa jas hujan ya bisa beli dulu harga murah meriah sekali pake. Disini ada satu org yg akhirnya balik ke rumah (gegara udah ada janjian) akhirnya anggota yg awalnya 27 orang berkurang jadi 26 orang. 
Yeah sampe disini juga


Ini lho rompi khas KOMBI
Perjalanan berlanjut sampai ke loket masuk dieng plateau dan sayangnya hujan deras langsung mengguyur kami. Untungnya ada bekas bangunan yang bisa dipakai buat berteduh. Cukup lama hujan turun sampai makan siang pun kami lakukan di tempat berteduh. Begitu hujan reda kami mulai menuju ke lokasi telaga 3 warna menyusuri apa aja yang ada disana. Bagian telaga yang mengering bisa kita injak meski kesannya serem sih takut tau2 badan kita tinggal setengah diatas permukaan tanah. Aku sempat ke tempat yang namanya batu tulis dimana kalo kita berdoa disini nantinya yang punya anak dan belum bisa baca meski dah umur 4 tahun bakalan bisa lancar membaca secara bertahap. Ini hanya legenda sih belum diketahui kebenarannya.
Legenda batu tulis

Telaga warna yang mulai mengering

Belum sempat ke objek wisata yang lainnya kami harus pulang karena kalau terlalu sore bisa2 sampe ke rumah masing2 terlalu malam. Kita pulang sambil mampir ke salah satu masjid dekat sana buat shalat sekaligus beli oleh2. Aku hanya beli carica, terong belanda jelly drink, kopi dieng, teh tambi dan stiker (buat tanda kalo aku dah pernah ke dieng). Ada yang beli oleh2 sampe kek orang mudik (dimasukin ke dus dan diikat di bagian belakang jok motornya).
Ada adek kecil ikutan ayahnya touring


Lagi2 lewat Tambi tapi kali ini gelap, kabut dan dingin. Antara serem dan seru dah kalo kek gini. Tanpa disadari ternyata kita terbagi jadi dua bagian ada yg salah jalan ada yg udah bener jalannya. Belum lagi ada yang mogok dijalan gara2 olinya habis. Tapi untunglah itu semua bisa teratasi dan mulailah perjalanan ke sumowono. Aku akhirnya dibonceng oleh temanku sampai dengan sumowono (ada kesan seram dan mistis saat melewati jalanan ini cuma gak aku ceritakan disini).

Makan malam kami di warung penyetan daerah Bandungan sambil cerita dan bercanda soal PK. Maklum dah disini kan pria dewasa jd kalo bercandaan vulgar itu biasa (untungnya temenku yg membawa anaknya sdh plng duluan). Porsi makanannya besar dan tetap bisa masuk ke perutku semua (udah kelaparan sih). Sampai rumah sudah menjukkan jam setengah dua belas malam dan itu pas acara syukurannya tetanggaku selesai (jadi pas gak kehalang sama mobil tamu yang parkir di depan rumah). 

Rasanya gak capek malah maunya melek terus. Bener2 bukan cuma touring tapi juga petualangan. Gak semua cewek mau nyetir sendirian sepeda motornya apalagi sampai dieng. Bener2 rasa seneng yang luar biasa. Semoga touring berikutnya lebih asyik lagi.

Thanks to :
Allah SWT
Ortu yang dah kasih ijin
Mas Ian, Mas Kris, Mas Anjar, Mas Yudha, Mas Bachtiar dan lainnya semua anggota KOMBI yang udah ikutan acara ini
Supri si motor kesayanganku
dan terutama untuk Dieng, terima kasih untuk petualangannya

2 comments:

  1. Enak tuh jalan2 barengnya, Mbak. Kalau capek dan segala macamnya mah udah biasa, pengalaman besar selalu harus dibayar mahal. Itu situs batu bertulis, apa peninggalan zaman kerajaan dulu kah? Di sini, Sumatera Barat, juga ada namanya Batu Basurek (bahasa Indonesianya Batu Bersurat/Bertulis), peninggalan raja tempo dulu yang berisi catatan pencapaiannya beliau.

    Btw, terimakasih sudah berkunjung ke blog saya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama sama makasih juga sdh meninggalkan jejak disini hehe itu batu tulis hanya semacam legenda lokal yg dipercaya sama warga sekitar kok. Terutama bagi org2 yg punya anak kecil sdh umur 4 tahun misalnya tp blm bisa baca tulis. Nah konon menurut legendanya yg berdoa disana anaknya langsung secara bertahap bisa baca tulis

      Delete

Silahkan berkomentar yang baik ya bahasa gaul boleh bahasa santai utamakan sopan. Komentar yang tidak diperbolehkan :
1. Berbau penghinaan SARA
2. Menghina komentar dari orang lain
3. BOT apalagi yang cuma kasih Link hidup
4. Menghina admin blog ini
5. Komentar tidak nyambung dengan isi postingan
6. Komentar yang mengundang orang lain menjadi emosi
Mari kita berkomentar dengan baik, isilah komentar dengan bahasa baik yang akan membawa energi positif sehingga orang datang kemari bisa lebih segar dan merefreshkan pikiran :)

Its about Yuki and her life

Powered by Blogger.

New from Yuki

Hai semuanyaa...

Yuki membuka ruang khusus untuk siapa saja yang mau berinteraksi langsung melalui E-mail. Kalian boleh ngapain aja (asal jangan ngelamar Yuki lewat email yah, langsung ke rumah aja hahaha) Curhat, cerita panjang lebar, atau yang mau konsul tarot juga boleh silahkan.

Untuk yang Curhat atawa cerita panjang lebar bisa kapan aja Yuki balas

Buat yang mau konsul tarot sesuai janjian ya tidak bisa dadakan. No Free ya guys

Silahkan Yuki tunggu di : yuki.wolverine@gmail.com


Argyle Creme Template © by beKreaTief | Copyright © Catatan Yuki