Dongeng kok setengah setengah



Pernah kan tentunya dengar dongeng si kancil dimana karakter kancil ini lebih banyak digambarkan sebagai anak nakal. Dongeng yang termasuk fabel ini sudah turun temurun diceritakan meski entah aslinya benar dari Indonesia atau dari negara lain. Nah, ada hal menarik saat aku menonton film kartun buatan negara tetangga yang mengadopsi cerita si kancil ini. Mau tahu? Yuk baca terus ya...

Masih ingat dengan kisah perlombaan si kancil dan siput yang terjadi gara-gara kancil meledek siput lambat dalam berjalan? Ada versi lainnya yang siput tersebut diganti dengan kura-kura, meski inti ceritanya sama saja bahwa pada akhirnya kancil kalah. Kartun yang aku tonton ini pun juga menceritakannya hal tersebut, namun ada tambahan cerita lagi. 
Kancil dan Siput

Kancil merasa curiga ketika siput yang menjadi pemenangnya ciri fisiknya berbeda dengan siput yang menantangnya lomba lari. So, kancil malah mengintrogasi siput ini dan akhirnya ia mengakui kecurangannya bersama siput lainnya termasuk siput yang menantang kancil lomba lari. Maka diminta ia untuk kembali ke teman2nya dan diikuti oleh kancil, kerbau, monyet, dan binatang lainnya. Saat siput itu kembali ke teman-temannya ia disambut gembira terutama oleh siput yang menantang kancil lomba lari. tapi ketika tahu kancil dkk, siput yang menantang lomba lari ini pun terkejut. kini gantian siput yang meminta maaf pada kancil dan berjanji tidak akan melakukan kecurangan.

Fabel ini sebenarnya ingin memberitahu anak kecil bahwa kita sebagai manusia tidak boleh sombong dan meledek orang lain yang lemah fisiknya. Tetapi fabel ini juga mengajarkan hal tidak baik seperti yang dilakukan oleh siput yaitu berbuat curang dalam perlombaan. Satu hal yang bikin aku salut pada para pembuat kartun ini yaitu mereka menambahkan cerita bahwa pada akhirnya kecurangan siput diketahui dan ia meminta maaf. Sayangnya sudah terlanjur fabel ini berakhir dengan cerita siput pemenangnya meski ia curang.

Apa akibat dari dongeng yang setengah-setengah ini? Banyaak...

Contohnya ya orang korupsi tuh. Dia main curang lho dan mungkin bisa disebabkan oleh dulu saat ia masih kecil dipamerin barang sama tetangganya yang kaya raya tapi dia gak bisa beli. Saat beranjak dewasa ia mau membalaskan semuanya kesombongan orang yang udah pamer didepannya dengan mencari duit sebanyak-banyaknya tapi gak peduli itu duit dari mana. Nah lho! Kebanyak coba kalau kita menceritakan kisah si kancil dengan tidak lengkap kepada anak kita dan hasilnya yaaa....jangan salahkan siapa-siapa kalau ketika anak kita jadi dewasa sikapnya berubah menjadi buruk.
Buat anak kok setengah-setengah...satu dong!

5 comments:

  1. Saya sudah nda ingat lagi kapan pertama kali dengar dongeng KANCIL ini
    Sering dengar ya. Hmmm Mungkin saat saya masih SD kali

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama dong...
      Terakhir juga pas kelas dua SD kalau gak salah

      Delete
  2. klo ga salah ada juga yang versi ipin upin

    ReplyDelete
  3. saya ingat dulu zaman SD diceritain sama guru SD...
    cerita ini melegenda sekali:D

    ReplyDelete
  4. oh, ya, kalau yang ceritanya kura-kura vs kelinci kan ada yang versi kekalahan kelinci diakibatkan karena ketelodoran kelinci.
    ini nih juga ada cerita kura-kura dan kelinci versi lain :
    http://sz-fiction.blogspot.com/2014/08/kisah-lomba-lari-kura-kura-dan-kelinci.html
    :D

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar yang baik ya bahasa gaul boleh bahasa santai utamakan sopan. Komentar yang tidak diperbolehkan :
1. Berbau penghinaan SARA
2. Menghina komentar dari orang lain
3. BOT apalagi yang cuma kasih Link hidup
4. Menghina admin blog ini
5. Komentar tidak nyambung dengan isi postingan
6. Komentar yang mengundang orang lain menjadi emosi
Mari kita berkomentar dengan baik, isilah komentar dengan bahasa baik yang akan membawa energi positif sehingga orang datang kemari bisa lebih segar dan merefreshkan pikiran :)

Its about Yuki and her life

Powered by Blogger.

New from Yuki

Hai semuanyaa...

Yuki membuka ruang khusus untuk siapa saja yang mau berinteraksi langsung melalui E-mail. Kalian boleh ngapain aja (asal jangan ngelamar Yuki lewat email yah, langsung ke rumah aja hahaha) Curhat, cerita panjang lebar, atau yang mau konsul tarot juga boleh silahkan.

Untuk yang Curhat atawa cerita panjang lebar bisa kapan aja Yuki balas

Buat yang mau konsul tarot sesuai janjian ya tidak bisa dadakan. No Free ya guys

Silahkan Yuki tunggu di : yuki.wolverine@gmail.com


Argyle Creme Template © by beKreaTief | Copyright © Catatan Yuki