Jobfair...Jobfair...

Well ini pengalaman Yuki saat mengikuti jobfair kemarin hari sabtu tanggal 14 juni 2014 di kampus tercinta hahaha...

Ditemani oleh temanku Rahma kita masuk ke dalam acara jobfairnya. Tentunya setelah membeli karcisnya dulu di loket depan. Kami memberikan tiketnya pada petugas dan sebagai gantinya tangan kami diberi stempel.

Baru aja masuk sudah disodori berbagai macam brosur dari banyak perusahaan. Ada juga yang sambil menawarkan produk perusahaannya disini. Kami juga bertemu banyak teman-teman kami yang seangkatan entah itu yang sudah lulus atau yang belum (alias yg senasib dengan kita berdua). Begitu banyak orang yang ada bikin aku dan rahma bingung mau lihat yang mana dulu.

Brosur Lamaran Kerja

Sejauh mata memandang kita hanya lihat-lihat,ambil brosur dan ambil formulir entah buat apa -_- karena nggak ada satupun yg kita masukin lamaran kesana. Iyalah, ijasah SMA gak bawa, transkrip nilai kuliah gak bawa dan hanya modal CV sama foto. Nyaliku juga ciut saat yg daftar pada bawa ijasah semua. 

Itu tadi cerita singkat saat ada disana. Lewat acara jobfair itu, aku ingin berbagi unek-unekku bagi kalian yg mau ikut acara serupa di tempat dimanapun kalian tinggal.  


Here's the tips :
1. Persiapkan segala sesuatu dari rumah mulai dari berkas,alat tulis, pake baju yang rapi dan sopan. Nah soalnya kita nggak tahu setelah memasukkan berkas lamaran apakah langsung di interview di tempat atau tidak. Untuk berkas yang umum dibawa itu : CV, foto 4x6, legalisir ijasah,surat lamaran,transkrip nilai kuliah(bagi yg ijasah blm keluar) dll (tergantung perusahaan). Stopmap tidak disarankan dibawa karena dijamin gak berguna disana (jadi jangan beli stopmap,karena biasanya disana banyak orang menjual stopmap)


2. Pertama kali masuk jngn lupa bayar tiket masuk ya. Ingat! Nggak ada yg gratis didunia ini, kencing aja bayar kok. 


3. Datangi tiap stand dan coba minta brosur mereka. Kalo ada yg mantap dengan pekerjaan yg ditawarkan, tanyakan saja pada penjaga standnya mengenai job desk alias kerjaannya ntar ngapain aja sih. Ada baiknya udah searching duluan tentang job desk itu sebelumnya. Kalo penjaga standnya sendiri gak mantap menjelaskan lebih baik jangan deh, sama aja beli kucing dalam karung.


4. Terakhir, yg namanya job fair itu nggak wajib harus masukin lamaran kan? Boleh kok jalan2 disana dan lihat2 dulu apa syaratnya serta catat alamat perusahaannya. Lagian lamar kerja bisa langsung menuju ke perusahaan itu kan tanpa lewat job fair? Istilahnya job fair itu hanya untuk cara kita mengenal perusahaan tersebut secara singkat untuk berikutnya tinggal kita putuskan mau kerja di perusahaan yg mana. 


Oke semangat cari kerja dan jangan lupa bagi duitnya kalo dah keterima ya...kan aku dah bagi tips2 ni ke kalian hehehe....tidak ada yg gratis di dunia ini lhoo 

3 comments:

  1. bayar tiket masuknya berapa, mba? kalo lupa bawa uang kasian juga ya ga jadi ikutan, hehe. nice tips.

    ReplyDelete
  2. Dari dua kali jobfair yang aku ikuti di wilayah semarang tu ada yg 20 ribu tapi ada juga yang 15 ribu. Nggak tahu kalo diluar wilayah semarang

    ReplyDelete
  3. Benar sekali, Mbak, tidak harus langsung memutuskan, hal ini termasuk cara kita mengenal perusahaan tersebut secara singkat untuk berikutnya tinggal kita putuskan mau kerja di perusahaan yg mana.

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar yang baik ya bahasa gaul boleh bahasa santai utamakan sopan. Komentar yang tidak diperbolehkan :
1. Berbau penghinaan SARA
2. Menghina komentar dari orang lain
3. BOT apalagi yang cuma kasih Link hidup
4. Menghina admin blog ini
5. Komentar tidak nyambung dengan isi postingan
6. Komentar yang mengundang orang lain menjadi emosi
Mari kita berkomentar dengan baik, isilah komentar dengan bahasa baik yang akan membawa energi positif sehingga orang datang kemari bisa lebih segar dan merefreshkan pikiran :)

Its about Yuki and her life

Powered by Blogger.

New from Yuki

Hai semuanyaa...

Yuki membuka ruang khusus untuk siapa saja yang mau berinteraksi langsung melalui E-mail. Kalian boleh ngapain aja (asal jangan ngelamar Yuki lewat email yah, langsung ke rumah aja hahaha) Curhat, cerita panjang lebar, atau yang mau konsul tarot juga boleh silahkan.

Untuk yang Curhat atawa cerita panjang lebar bisa kapan aja Yuki balas

Buat yang mau konsul tarot sesuai janjian ya tidak bisa dadakan. No Free ya guys

Silahkan Yuki tunggu di : yuki.wolverine@gmail.com


Argyle Creme Template © by beKreaTief | Copyright © Catatan Yuki