Serunya Minum Susu(Praktikum Manajemen Laktasi Perah)



Ini adalah perjalananku ke daerah Banyumas.aku dan teman-temanku akan mengunjungi sebuah koperasi unit desa (KUD) yang menangani produk susu.

Aku dan teman2 berangkat saat malam kamis jumat.perjalanan kami sempat terganggu saat salah satu bis yang akan membawa kami kesana terlambat tiga jam lebih.belum lagi karena hujan deras yang mengguyur daerah UNDIP, Tembalang.Aku sudah benar-benar lelah menunggu sampai akhirnya bis itu datang juga.
Entah kenapa aku merasa agak kurang sreg dengan bis besar yang seharusnya kutumpangi itu.malam ini benar-benar ujian buatku,aku tak dapat tempat duduk di bis itu dan terpaksa pindah bis.untunglah di bis kecil milik universitas yang disewa, masih ada tempat duduk.akhirnya aku menumpang bis itu sampai tempat tujuan.

Pagi hari jam 3,bis kami dan bis kecil satunya lagi sampai duluan di tempat transit untuk sarapan. Kesempatan ini kugunakan untuk mandi dulu.selesai mandi,barulah bis besar datang.setelah makan,mulai tiap kelompok mengkoordinasikan anggotanya untuk ikut ke bis mana.karena sekarang tiap bis menuju ke tujuan yang berbeda-beda meski pada akhirnya berkumpul ke KUD.

Aku mendapat tugas untuk mencatat segala kegiatan di tempat pengumpulan susu yang ada di daerah Kemutug.dari beberapa peternak yang kutanya atau ditanya oleh temanku rata-rata mereka menyetorkan susu sebanyak 14-16 liter. Ini bisa dikatakan cukup tinggi,apalagi untuk peternak tradisional. susu tersebut lalu diuji alkohol,uji rasa,uji warna,dan bau. Susu yang lolos semua uji tersebut adalah tidak menggumpal ketika diuji alkohol,baunya khas susu,warnanya putih bersih,dan rasanya manis serta tidak asam.bila susu tersebut sudah asam tandanya adalah itu susu kemarin yang disimpan,sehingga bisa ditolak oleh pihak koperasi.
cooling unit

Susu yang telah melalui uji tersebut kemudian dimasukkan ke dalam cooling unit.alat ini akan terus mengaduk serta mendinginkan susu sampai suhunya 3 derajat celcius.sehingga bisa lebih awet saat dibawa ke pusat.
Aku mendapat banyak penjelasan dari petugas koperasi yang ada di sana.beliau memang hanya bertugas menguji susu serta mengumpulkannya ke dalam cooling unit,tetapi dapat menjelaskan banyak hal. Seperti membawa susu ke penampungan tersebut yang diharuskan dengan milk can sehingga susu didalamnya lebih terjaga kualitasnya.tetapi milk can hanya memiliki batas penampungan tertentu,sehingga susu yang berlebih ditampung di botol aqua.meski sebenarnya penampungan dengan botol aqua tidak disarankan.
milk can

Penampungan susu ini dibawah naungan Koperasi PESAT singkatan dari Peternak Satria(Satria adalah julukan bagi daerah Banyumas).dimana semua ketetapan susu yang diterima disini diatur oleh koperasi.harga per liter susu yang ditetapkan oleh koperasi adalah 3900,tetapi itu juga tergantung uji total solid (dilakukan dengan alat khusus yang disebut lactoscan) yang dilakukan oleh koperasi.

Uji Berat Jenis tadinya juga dilakukan setiap hari oleh penampungan ini,tetapi karena pernah ada kejadian pecahnya alat pengukur BJ tersebut maka pengukuran hanya dilakukan  sesekali saja.Berat Jenis yang didapatkan disini rata-rata 11,5 tetapi bisa lebih tinggi lagi.
uji alkohol

Cooling unit yang ada di sini juga tidak diletakkan diatas tanah atau paving Block.tetapi diatas lantai keramik.hal ini dimaksudkan agar tidak terjadi penyerapan bau tanah oleh susu(susu sangat rentan sekali terkena bau disekitarnya yang dapat merubah bau dari susu itu sendiri).

Setelah puas mendapat penjelasan panjang lebar mengenai penampungan susu,kami menuju ke  koperasi PESAT.disini kami disambut oleh bapak Ahmad Alfarouq selaku ketua pengurus koperasi.beliau menjelaskan bahwa koperasi ini mendapat bantuan sapi dari MEE (masy ekonomi Eropa) yang disebar di 5 desa. Produksi pertahun dari koperasi ini rata-rata 5500 liter/hari.anggotanya ada 243 orang yang terdiri dari 17 kelompok di 6 kecamatan. Susu disini disetor ke IPS(ex:frissian flag),tapi ada juga yang diolah menjadi susu pasteurisasi atau yoghurt.Milba,itulah produk olahan susu dari koperasi ini yang merupakan singkatan dari Milk Banyumas.
 
Pertemuan di koperasi PESAT
Terakhir,kami mendapatkan susu Milba.Maklum, namanya juga mahasiswa. kami saling berebut untuk mendapatkan susu tersebut. sebenarnya susu ini tidaklah gratis karena beberapa hari sebelumnya sudah dipesan.aku mencoba susu rasa strawberry dan rasa duren.hm...enak,nggak bikin eneg.
susu pasteurisasi Milba
Perjalanan selanjutnya adalah sholat jumat,lalu makan siang dan pulang ke Semarang.

2 comments:

Silahkan berkomentar yang baik ya bahasa gaul boleh bahasa santai utamakan sopan. Komentar yang tidak diperbolehkan :
1. Berbau penghinaan SARA
2. Menghina komentar dari orang lain
3. BOT apalagi yang cuma kasih Link hidup
4. Menghina admin blog ini
5. Komentar tidak nyambung dengan isi postingan
6. Komentar yang mengundang orang lain menjadi emosi
Mari kita berkomentar dengan baik, isilah komentar dengan bahasa baik yang akan membawa energi positif sehingga orang datang kemari bisa lebih segar dan merefreshkan pikiran :)

Its about Yuki and her life

Powered by Blogger.

New from Yuki

Hai semuanyaa...

Yuki membuka ruang khusus untuk siapa saja yang mau berinteraksi langsung melalui E-mail. Kalian boleh ngapain aja (asal jangan ngelamar Yuki lewat email yah, langsung ke rumah aja hahaha) Curhat, cerita panjang lebar, atau yang mau konsul tarot juga boleh silahkan.

Untuk yang Curhat atawa cerita panjang lebar bisa kapan aja Yuki balas

Buat yang mau konsul tarot sesuai janjian ya tidak bisa dadakan. No Free ya guys

Silahkan Yuki tunggu di : yuki.wolverine@gmail.com


Argyle Creme Template © by beKreaTief | Copyright © Catatan Yuki