Islam Itu...Nggak Kaku lah Yaw



Maaf sebelumnya kalau yang merasa tulisanku ini sangat menyinggung SARA. Aku menulis ini bukan untuk menyinggung atau melecehkan sesama muslim, karena toh aku juga muslim. Apa gunanya saling bermusuhan. Namun aku hanya merasa nggak sreg ketika membaca status 2 temen FB-ku yang menyatakan kalau haram hukumnya mengatakan “Selamat Natal dan Tahun Baru”  pada non muslim.

          Dari status2 mereka itu, ya memang sih aku akui benar. Karena mengucapkan hal itu sama dengan mendukung apa kegiatan beribadah temen2ku non muslim lainnya.  Dan hal ini sudah dijelaskan dalam Al-Quran. Oke, aku mengakui akan hal ini. Tapi yang bikin nggak sreg itu jangan dibilangin di status FB lah yaw...helooo. Notabene pemakai FB tidak hanya yang beragama Islam saja, namun juga yang non seperti Kristen,Budha, Hindu dll. So, kalau kita menyebarluaskan hal seperti ini sama saja menganggap mereka sesat donk. Hargailah mereka dan agama mereka juga.
          Kan sejak SD sebenarnya pelajaran PKN itu sudah bagus mengajarkan tentang Tenggang rasa, Toleransi, Bertanggung Jawab, dll. Semenjak dirubah menjadi lebih ke arah politik jadinya...seperti ini dah. Hilang semua rasa saling menghargai itu. Maaf sengaja sedikit lebih keras karena memang sudah sebel dengan temen2 yang terlalu ekstrem  dan kaku dalam sehari-hari lah. Padahal Islam tidak mengajarkan untuk Kaku dalam berkehidupan. Serta juga saling toleran terhadap pemeluk beragama lainnya.
          Aku pun juga tidak pernah mengucapkan selamat natal pada teman2ku yang Kristen ataupun Katolik. Sama...hanya saja aku sengaja tidak mengatakannya didalam status FB ku kenapa aku tidak mengucapkan selamat kepada mereka (teman2 non muslim). Karena aku tak ingin menyinggung mereka juga. Terus...ya sudah diam saja dan teman-temanku juga nggak ada yang protes kok seperti “kenapa ketika kami mengucapkan selamat idul fitri, kalian tak membalasnya sama seperti yang kami lakukan?”
          Yah....ini kan secara pribadi anda boleh bilang begitu, tidak mengucapkan selamat natal dan selamat-selamat yang lainnya.Tapi kalau posisi anda sebagai Presiden, Mentri, Walikota? Akankah ketika anda diundang dalam sebuah acara natal dan bilang “Maaf saya tidak akan menucapkan selamat natal kepada anda semua karena bertentangan dengan agama saya”. So...?? semua orang disitu bakalan melongo melihat ke arah anda atau bakalan melempar anda dengan kulit pisang dan tidak akan mengundang anda dalam acara keagamaan apapun lainnya. Karena dianggap sebagai orang yang tidak toleran. Huft...susah ya. Kalau seandainya anda saat itu tidak disuruh untuk berpidato mungkin bisa hanya tersenyum saja pada yang sedang merayakan. Kalau anda harus berpidato...akankah anda hanya tersenyum saja? Disinilah susahnya......

          Ada yang berkata kalau mengucapkan selamat tersebut bagi presiden atau yang lainnya dan dalam acara resmi diperbolehkan. Namun ada yang bersikukuh mengatakan tidak. Sangat susah memang...hanya sekarang tergantung pada kita sendiri. Mau ikut yang mana?
               

3 comments:

  1. Temen-temen kamu tu kan orang yang yang pengetahuannya terbatas tentang Islam. Yang susah di per su lit.

    Yang kamu hadapi ini hanya sekelumit tentang ungkpan orang2 yang bleum mengerti Islam.

    Yang lebih sangar ada. Pengajian aja yang membahas Al-Quran dan hadist di demo habis habisan sama yang Islam sendiri.

    Kalo pernah nonton filem apa tuh yang Muhammadiyah sampai surau nya dibakar?

    dan lain lain banyak yang gak terpublikasikan, itu karena ketidaktahuan masyarakat tentang Islam itu sendiri.

    Dah bagus lah kamu sikapnya seperti itu, kita mending diam meskipun tahu itu gak boleh karena bikin orang sakit hati kan malah Haram juga tuh, dosa.

    ReplyDelete
  2. Ya biasalah mas Cecep itu teman2 saya yang merasa sangat ekstrem dengan agama islam. padahal Rasulluah dulu tak pernah mengajarkan seperti itu.

    kalau itu terjadi pada banyak orang islam maka bisa2 kita ditertawakan sama pemeluk agama lainnya. nggak heran juga kalo orang2 barat yang non muslim selalu mengatakan orang2 muslim itu adalah teroris. teroris tu bukan hanya sekedar membuat dan meledakkan bom saja. tetapi lebih mengarah ke "perusak".

    ReplyDelete
  3. islam hrs berubah donk lebih suka cita

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar yang baik ya bahasa gaul boleh bahasa santai utamakan sopan. Komentar yang tidak diperbolehkan :
1. Berbau penghinaan SARA
2. Menghina komentar dari orang lain
3. BOT apalagi yang cuma kasih Link hidup
4. Menghina admin blog ini
5. Komentar tidak nyambung dengan isi postingan
6. Komentar yang mengundang orang lain menjadi emosi
Mari kita berkomentar dengan baik, isilah komentar dengan bahasa baik yang akan membawa energi positif sehingga orang datang kemari bisa lebih segar dan merefreshkan pikiran :)

Its about Yuki and her life

Powered by Blogger.

New from Yuki

Hai semuanyaa...

Yuki membuka ruang khusus untuk siapa saja yang mau berinteraksi langsung melalui E-mail. Kalian boleh ngapain aja (asal jangan ngelamar Yuki lewat email yah, langsung ke rumah aja hahaha) Curhat, cerita panjang lebar, atau yang mau konsul tarot juga boleh silahkan.

Untuk yang Curhat atawa cerita panjang lebar bisa kapan aja Yuki balas

Buat yang mau konsul tarot sesuai janjian ya tidak bisa dadakan. No Free ya guys

Silahkan Yuki tunggu di : yuki.wolverine@gmail.com


Argyle Creme Template © by beKreaTief | Copyright © Catatan Yuki