Jangan Hilangkan Media Cetak


Jaman udah semakin maju nih temen-temen, Barang-barang seperti HP, smartphone, laptop, netbook, tablet pc, atau apapun namanya juga semakin menjamur. Belum lagi harganya yang semakin murah dan terjangkau aja. Maka dengan dalih kemajuan jaman dan tuntutan pekerjaan itulah kita bisa membeli barang-barang tersebut. Bahkan ada yang hanya ikutan beli biar bisa buat nggaya (mau ngakak juga kalau ada orang kaya’ beginian).

       Hehe...jangan salah sangka dulu, aku pun juga sebenernya lama-kelamaan tergiur dengan barang-barang itu dan pengin beli juga. Cuma masih mikir aja kira-kira apa gunanya buat aku ya? Mengingat aku orang yang cepet bosen dan kalau udah bosen mungkin barang itu bakalan aku tinggal begitu aja. Tapi karena kebutuhan juga terutama kalau pas nggak bawa laptop di kampus dan butuh buat baca jurnal-jurnal berformat pdf, hm...sepertinya butuh juga perangkat yang ringan dan bisa dibawa kemana-mana sekaligus berfungsi buat alat komunikasi. Yup, apalagi kalau bukan smartphone.
       Tapi...kalau seperti ini terus gimana dengan nasib media cetak seperti buku dan kawan-kawannya ya?Apalagi sekarang sudah banyak majalah yang beralih ke dunia maya, atau menjadi e-book. Seharusnya media cetak haruslah tetap ada. Karena....
1. Bisa dibawa Kemana-mana, ringan dan Nggak Perlu Khawatir Kalau Jatuh
       Nah, bener nggak tuh pernyataan diatas. Emang sih era globalisasi sekarang sudah mengemas majalah yang dulunya dicetak menjadi bisa dinikmati di laptop, komputer, atau tablet PC kita. Kelebihan dari media tersebut adalah bisa menyimpan banyak ebook atau majalah yang sudah dikemas menjadi bentuk softcopy-nya. Tapiiii.....kalau kita bawa tablet PC kemana-mana trus jatuh dan error dan kita hanya bisa nangis karena seluruh koleksi majalah atau ebook kita didalam memori tablet PC tadi hilang. Kalau dalam bentuk cetak?mau ketinggalan di kantor lah, mau jatuh (asalkan nggak jatuh ke selokan depan rumah aja hehe) juga nggak masalah. Kan masih ada buku atau koleksi majalah cetak di rumah.
2. Media Cetak itu...Serbaguna
       Udah pada tau kan pastinya kalau kertas bisa didaur ulang...atau bisa dipakai buat yang lainnya kalau emang bener-bener udah nggak terpakai. Contohnya nih...siapa yang punya peliharaan dirumah dan ditaruh di kandang? Pastinya ada kan kandang yang Cuma dikasih alas dari koran. Selain murah juga mudah dibuang. Coba kalau koleksimu berupa e-book. Kalau laptop atau tablet pc mu rusak ada yang mau mendaur ulang??
3. Percetakan Berjaya
       Apa jadinya kalau orang benar-benar sudah enggan untuk membaca media cetak. Bisa-bisa...semua percetakan bisa gulung tikar dan terakhir terjadi PHK besar-besaran. Kalau sudah begini mau kalian nanggung para pekerja di percetakan yang kena PHK?? Nggak mau kan?
4. Pemulung tetap Eksis
       Kalau yang nggak punya binatang piaraan atau males mau buat apa koran dan majalah yang udah menumpuk di rumah pastinya bakalan lari ke pemulung dong. Memang sih bukan berarti kalo nggak ada media cetak yang udah bekas seperti koran itu bakalan bikin pemulung jadi nggak terdengar lagi suaranya. Tapi, hampir kebanyakan orang pasti bakalan ngejual koran bekas mereka ke pemulung. Itu kan juga bisa nambah penghasilan mereka (pemulung) juga kan?
So, baru tahu kan kalo media cetak itu meskipun usang tapi banyak manfaatnya juga

4 comments:

  1. ya sbenernya saya juga agak gimana yah ngebahas ini.
    Soal kertas, bukannya kertas dari pohon. Berarti kalo mau tetep nongol koran, bukannya pohon2 juga bakalan tetep di tebang?
    soal e-book, antara sejutu dgn tidak setuju. Gak setujunya ya itu tadi. Bkalan banyak yang gulung tikar tuh para percetakan.

    ReplyDelete
  2. makanya...
    Alam sudah mau menyediakannya...
    Tinggal bagaimana kita memanfaatkannya tetapi tetap menjaganya...
    Kertas memang asalnya dari pohon...
    Tapi kita ini manusia, diberi akal...
    Tak ada rotan akar pun jadi...
    Kertas tak selalu dari pohon...
    banyak kertas yang terbuang...
    So...(pikirkan sendiri ya)

    ReplyDelete
  3. Kalo tulisan kita dimuat di koran atau di majalah (cetak) rasanya jauh lebih menyenangkan bila dibanding dimuat di media noncetak, ga tahu kenapa, hehe...

    ReplyDelete
  4. iya ya mas...memang ada sensasi tersendiri. dulu aku bisa lonjak-lonjak pas emailku di muat disana.padahal cuma sekedar tanya dan redakturnya menjawab pertanyaan saya yang seputar penulisan fiksi waktu itu(saya masih SMP)

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar yang baik ya bahasa gaul boleh bahasa santai utamakan sopan. Komentar yang tidak diperbolehkan :
1. Berbau penghinaan SARA
2. Menghina komentar dari orang lain
3. BOT apalagi yang cuma kasih Link hidup
4. Menghina admin blog ini
5. Komentar tidak nyambung dengan isi postingan
6. Komentar yang mengundang orang lain menjadi emosi
Mari kita berkomentar dengan baik, isilah komentar dengan bahasa baik yang akan membawa energi positif sehingga orang datang kemari bisa lebih segar dan merefreshkan pikiran :)

Its about Yuki and her life

Powered by Blogger.

New from Yuki

Hai semuanyaa...

Yuki membuka ruang khusus untuk siapa saja yang mau berinteraksi langsung melalui E-mail. Kalian boleh ngapain aja (asal jangan ngelamar Yuki lewat email yah, langsung ke rumah aja hahaha) Curhat, cerita panjang lebar, atau yang mau konsul tarot juga boleh silahkan.

Untuk yang Curhat atawa cerita panjang lebar bisa kapan aja Yuki balas

Buat yang mau konsul tarot sesuai janjian ya tidak bisa dadakan. No Free ya guys

Silahkan Yuki tunggu di : yuki.wolverine@gmail.com


Argyle Creme Template © by beKreaTief | Copyright © Catatan Yuki