Metode Berpikir Sistem “yang aneh!”


Seperti biasa pagi ini dosen PKN ku datang ke kelas kemudian mulai mengajar. Hari ini beliau akan menjelaskan tentang Metode Berpikir Sistem. Tetapi sebelum mulai menerangkan tentang hal itu, beliau memulainya dengan tiga pertanyaan kasus. Tiga pertanyaan yang jawabannya (jawaban dari beliau maksudnya^^) benar-benar diluar dugaan.

1. Menurut Kalian lokalisasi prostitusi(markas besarnya PSK gitu) lebih baik digusur atau tetap ada?
                Kalian mau tau apa jawaban dosen aku? Jawabannya adalah HARUS TETAP ADA DAN JANGAN DIGUSUR! Lho? Kenapa? Beliau menjelaskan bahwa kita jangan hanya berpikiran sempit, memandang prostitusi adalah haram (emang iya kok Pak HARAM, tuh dijelaskan di Al-QUran). Kalau kita berpikir secara agama saja maka kita sama saja tidak memikirkan kedepannya (MAKSUDNYA???). Kemudian dosen aku itu ngasih tau kenapa lokalisasi prostitusi tetap dibiarkan ada. Alasannya yang pertama adalah agar penyakit kelamin tidak menyebar. Dengan adanya lokalisasi prostitusi, maka PSK akan tetap berada disitu dan bila ada yang terkena penyakit kelamin akan di cutikan terlebih dahulu (siapa bilang PSK bakalan disitu terus. Kalau dia ketemu ma “pelanggannya” di jalan trus “maennya” dihotel gimana? Sama aja kan). Terus yang kedua, dengan adanya lokalisasi  maka akan menjamin orang-orang yang suka “maen” ma PSK bakalan ketahuan trus mereka bakalan malu (kata siapa juga. Orang sekarang juga pada bermuka tembok semua. Biar udah ketahuan tetep aja kesana). Yang ketiga dengan adanya lokalisasi tersebut maka para PSK disana akan sadar dan kemudian mereka secara perlahan-lahan akan meninggalkan profesinya itu (Udah dibilang orang sekarang kan bermuka tembok. Biarpun ada di lokalisasi buat mereka itu adalah “Kantor” tempat mereka bekerja. Jadi, kapan sadarnya Pak?). SO, gimana menurut pendapat kalian?

2. Menurut kalian bolehkah aborsi itu dilakukan pada korban perkosaan?
                Jawaban Dosen aku lagi-lagi “BOLEH”. Why? Kenapa? Karena untuk menghilangkan beban dari si korban pemerkosaan serta untuk menghindarkan dia dari gangguan jiwa (Hm...maunya sih begitu tapi tau sendiri kan mulut tetangga lebih mengerikan kalau soal ngegosip yang jelek-jelek daripada pisaunya tukang jagal sapi. Tajam banget Bo...!!). Karena kalau sampai korban pemerkosaan hamil maka siapa yang akan menanggungnya? Laki-laki yang memperkosa dia? Tentunya gak mau dunk. Itu menurut dosenku tapi kalau menurutku NO Way!! Aborsi tidak boleh dilakukan selain karena masalah kesehatan. Misalnya jika diteruskan maka akan mengganggu kesehatan Ibu dan janinnya. Nah, kalo itu boleh aborsi dilakukan. Ketika ditanya oleh dosenku pun aku juga menjawabnya demikian. Karena alasanku adalah aborsi yang seperti itu sama saja dengan “Membunuh Bayi yang ada di Dalam Kandungan”. Dan belum tentu juga dengan aborsi bisa meringankan beban mental korban pemerkosaan (menyinggung masalah mulut tetangga yang sangat tajam tadi itu loh). Lagipula kalau memang ternayat hamil dan kemudian si Bayi ini lahir kenapa gak dikasihkan aja ke panti asuhan kalau memang gak mau merawatnya. Daripada harus aborsi. Masalah lain kalau hal ini benar-benar diperbolehkan adalah bisa-bisa banyak cewek hamil yang ngaku diperkosa padahal dia emang dari awal udah niat ngelakuin ma pacarnya. Tambah rumit dah kalo begini.Nah, menurut kalian bagaimana?

3. Bolehkan Euthansia dilakukan?
                Once again ladies and gentelman...jawaban dosenku adalah boleh.Lha kok gitu?Alasan dosenku adalah Euthansia kan dilakukan oleh dokter untuk mengakhiri hidup pasien yang sudah tidak ada harapan lagi (lha kok gitu! K-E-J-A-M). Maksudnya tidak ada harapan lagi adalah si pasien akan mengganggu kehidupan dari keluarganya. Misalnya karena dia koma selama 3 bulan dia membuat keluarganya harus hutang sana sini untuk membiayai hidupnya selama di RS. Hm...permasalah yang rumit. Tapi kalau menurutku tetap saja tidak boleh. Karena dokter bukanlah “Tuhan “ yang berhak mengakhiri hidup si pasien (Dokter juga manusia men...!!). pasien itu berhak hidup meskipun tidak bisa melakukan apapun selain bernafas tentunya. Kalau Euthansia tetap ada berarti itu sama saja MEMBUNUH ORANG dong....! Gimana menurut pendapat kalian?

Tulisan ini tidak dibuat-buat dan memang apa adanya (maksudnya memang inilah yang dikatakan oleh dosen saya. Meskipun ada beberapa kata-kata beliau yang tidak dimasukkan kesini).

7 comments:

  1. jgn2 tu dosen yang punya lahannya mbak.

    ReplyDelete
  2. ahahaha....masak sih begitu.Gak lah mas...

    ReplyDelete
  3. metode berpikirnya bagus tuhh.. tetapi bukan berarti mengiyakan... dan namanya juga pemikiran,benar tidaknya belum pasti. Dan kalo dianggap salah yaaa coba disanggah dengan pemahamannya, dan kalo ga bisa disanggah yaaaa... jangan dibilang aneh...

    Sekali lagi, saya tidak mengiyakan pemikiran di atas, cuma butuh sanggahan saja untuk membenarkannya bahwa itu salah.. :)

    ReplyDelete
  4. bener2 aneh pemikirannya tuh dosen.. tapi "mungkin" ada niat terselubung dari itu semua, yaitu menggugah sikap kritis mahasiswanya.. namun yang d takutkan jika mahasiswa terbawa oleh pemikiran itu.. Semoga tidak demikian yak..!!!

    ReplyDelete
  5. @ Andro Bhaskara yaaaa...aq sendiri juga tidak tau kenapa tuh dosen punya pemikiran seperti itu. Sebenarnya aku ma kakak angkatanku (yang kebetulan juga ngulang mata kuliah ini) nggak setuju sama pendapat beliau. Tetapi ada beberapa teman-teman aq yang terpaksa setuju dengan pendapat beliau (cari amannya kali yaaa...)

    ReplyDelete
  6. waaahh.. sy stju sama pendpat dosennya.. (?) haha.. :P

    ReplyDelete
  7. pendapat orang emang beda-beda...-_-'

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar yang baik ya bahasa gaul boleh bahasa santai utamakan sopan. Komentar yang tidak diperbolehkan :
1. Berbau penghinaan SARA
2. Menghina komentar dari orang lain
3. BOT apalagi yang cuma kasih Link hidup
4. Menghina admin blog ini
5. Komentar tidak nyambung dengan isi postingan
6. Komentar yang mengundang orang lain menjadi emosi
Mari kita berkomentar dengan baik, isilah komentar dengan bahasa baik yang akan membawa energi positif sehingga orang datang kemari bisa lebih segar dan merefreshkan pikiran :)

Its about Yuki and her life

Powered by Blogger.

New from Yuki

Hai semuanyaa...

Yuki membuka ruang khusus untuk siapa saja yang mau berinteraksi langsung melalui E-mail. Kalian boleh ngapain aja (asal jangan ngelamar Yuki lewat email yah, langsung ke rumah aja hahaha) Curhat, cerita panjang lebar, atau yang mau konsul tarot juga boleh silahkan.

Untuk yang Curhat atawa cerita panjang lebar bisa kapan aja Yuki balas

Buat yang mau konsul tarot sesuai janjian ya tidak bisa dadakan. No Free ya guys

Silahkan Yuki tunggu di : yuki.wolverine@gmail.com


Argyle Creme Template © by beKreaTief | Copyright © Catatan Yuki